milik yogi susanto. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pemanfaatan Dunia Komputer Bagi Banjir Jakarta

 
Menurut laporan Ranking of the Worlds Cities Most Exposed to Coastal Flooding Today and in the Future yang dirilis oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), Jakarta menempati urutan ke-20 dalam hal kota dengan populasi terbanyak yang terancam banjir pesisir pada 2070.
Padahal, jika tata kota digarap dengan benar, Jakarta seharusnya bisa diselamatkan menurut press release yang dilansir oleh Autodesk ASEAN pada merdeka.com (23/1). Gianluca Lange, Regional Industry Manager for, AEC/ENI, Autodesk ASEAN, yang juga merupakan arsitek berpengalaman, mencoba berbagi pendapat mengenai bagaimana cara menangani problematika banjir di ibukota tersebut.

Menurutnya, bencana yang melanda Jakarta tiap tahunnya ini disebabkan karena tata kota yang buruk. Padahal, jika tata kota ini dikelola secara benar lewat teknologi 3D, berbagai bencana setidaknya bisa ditanggulangi.
"Las Vegas misalnya, menciptakan model 3D digital kota tersebut dengan bantuan VTN Consulting dan Autodesk. Model ini mencakup infrastuktur atas dan bawah permukaan tanah," tulis rilis tersebut.
Selain itu, lewat Autodesk Infrastructure Design Suite 2014, juga bisa digunakan untuk memprediksi dampak bencana seperti banjir dan badai. Dengan produk ini, perencanaan kota pun bisa dilakukan agar banjir bisa ditanggulangi.
Intinya, teknologi saat ini, seperti yang ditawarkan Autodesk lewat softwarenya, sebenarnya bisa digunakan untuk menghadapi bencana yang melanda kota-kota besar. Tinggal menunggu keterlibatan pihak terkait saja untuk mau menggunakan berbagai teknologi yang ada atau tidak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar